Pembinaan dan Pelatihan Kerja Bagi Masyarakat Gelombang I

Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia, antara lain dapat  dilakukan  melalui  pendidikan  dan  pelatihan  kerja,  sebagaimana telah diatur dalam   Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan  dan  Undang-Undang  Nomor  20  Tahun  2003  tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pada prinsipnya ke-dua undang-undang tersebut mengamanatkan peningkatan kualitas SDM dilaksanakan melalui suatu proses yang sistematis dan komprehensif untuk menghasilkan SDM yang kompeten.   Peningkatan kualitas SDM, baik melalui pendidikan maupun  pelatihan  kerja  dilaksanakan  dalam  rangka  menyiapkan  SDM yang memiliki daya saing.

Untuk   menghasilkan   SDM   yang   kompeten   melalui   pelatihan   kerja, bertumpu pada tiga pilar utama, yaitu standar kompetensi kerja, pelatihan berbasis kompetensi serta sertifikasi kompetensi oleh lembaga sertifikasi yang independen. Ketiga pilar tersebut disinergikan ke dalam suatu sistem pelatihan kerja nasional, sebagaimana telah di tetapkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional (Sislatkernas). Sislatkernas merupakan panduan arah kebijakan bagi terselenggaranya pelatihan kerja secara terarah, sistematis, dan sinergis dalam menyelenggarakan pelatihan di berbagai bidang, sektor, instansi, pusat dan daerah  agar  tujuan pelatihan kerja dapat dicapai secara efisien dan efektif.

 

Untuk mencapai hal tersebut, maka Sislatkernas diarahkan pada peningkatan relevansi, kualitas dan efisiensi pelatihan kerja serta standarisasi dan sertifikasi kompetensi kerja. Peningkatan relevansi berarti kesesuaian jenis pelatihan dengan kebutuhan dunia kerja dan pasar kerja. Peningkatan  kualitas,  terkait  dengan  mutu  kompetensi  yang  dihasilkan oleh   lembaga   pelatihan   kerja,   serta   peningkatan   efisiensi   adalah penggunaan sumberdaya pelatihan yang optimal.

Disperinaker mengadakan Pelatihan Kerja dengan Jenis Kejuruan antara lain Pelatihan Tata Rias Pengantin, Pelatihan Las, Pelatihan Menjahit, Pelatihan Servis Sepeda Motor, Pelatihan Tata Boga, Pelatihan Tata Rias Rambut

https://youtu.be/MDfOU_KTkLA

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *